Sejarah

SMA NEGERI 6 KOTA SERANG

Semula SMA Negeri 6 Kota Serang akan didirikan pada tahun 1999 yang diprakarsai oleh para tokoh masyarakat yang ada di lingkungan Kecamatan Cipocok Jaya. Akan tetapi pada waktu itu di Kecamatan Cipocok Jaya sudah berdiri SMA Negeri 1 Cipocok Jaya dan sekarang bernama SMA Negeri 2 Kota Serang, sementara Dinas pendidikan Kota Serang mengeluarkan kebijakan bahwa di setiap kecamatan minimal berdiri 1 (satu) Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama dan Tingkat Atas (SMP dan SMA) dan pada saat itu masih banyak kecamatan-kecamatan di Kota Serang yang memiliki sekolah lanjutan seperti yang dimaksud di atas sehingga pendirian SMA negeri 6 Kota Serang belum mendapatkan restu dari Dinas Pendidikan Kota Serang. Seiring dengan berjalannya waktu, para tokoh masyarakat di Kecamatan Cipocok Jaya terus berupaya memperjuangkan terwujudnya aspirasi masyarakat yang berkeinginan memiliki sekolah tingkat lanjutan atas lebih dari 1 (satu) mengingat jumlah warga masyarakat Cipocok Jaya yang terus bertambah, terbukti dengan semakin banyaknya berdiri perumahan-perumahan baru.

Perjuangan para tokoh masyarakat Kecamatan Cipocok Jaya yang tidak mengenal lelah sedikit demi sedikit menemukan titik terang yang dibuktikan dengan semakin besarnya keinginan masyarakat dan mendapat dukungan dari pemerintah setempat untuk berupaya merealisasikan berdirinya Sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang menjadi harapan masyarakat. Pada tahun 2006 keinginan masyarakat tersebut mulai diupayakan, dengan kerjasama antar tokoh masyarakat dengan pimpinan SMP Negeri 3 Cipocok Jaya (Sekarang SMP Negeri 10 Kota Serang) yang bersedia memberi kesempatan kepada masyarakat untuk menggunakan fasilitas bangunan sekolah SMP Negeri 10 Kota Serang digunakan untuk kegiatan pembelajaran pada sore hari. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh para tokoh masyarakat dan pendiri SMA Negeri 6 Kota Serang.

Berikut ini adalah nama-nama tokoh yang berjuang dalam mendirikan SMA Negeri 2 Cipocok Jaya yang sekarang menjadi SMA Negeri 6 Kota Serang :

  1. Madsupi (Alm).                                Mantan Lurah Cipocok Jaya
  2. H. Sochari                                          Lurah Banjar Agung
  3. H. Sururi Siddik, BA                        UPTD Kecamatan Cipocok Jaya
  4. H. Moch. Eli Hambali, M.M           Ka. UPTD Kecamatan Cipocok Jaya
  5. H. Maman Abdurachman, M.Pd   Tokoh Masyarakat
  6. Drs. Ubay Supriyadi                         Ketua RW Komplek Citra Gading
  7. Drs. H. Dasan                                    Mantan Kepala SMPN 3 Cipocok Jaya
  8. Drs. Mamat Rahmat, M.Pd            Tokoh Masyarakat
  9. Sudaryat, S.Pd                                  Tokoh masyarakat
  10. Wawan Rohandi, S.Pd                    Kepala SMPN 10 Kota Serang

Pada tahun 2006/2007 mulailah dibuka pendaftaran siswa baru pada saat itu tercermin keinginan masyarakat Cipocok Jaya benar-benar terlihat, meskipun SMA Negeri 2 Cipocok Jaya merupakan sekolah yang baru  mampu menampung siswa sebanyak 196 orang atau 5 rombongan belajar. Seiring dengan pemekaran wilayah di Kabupaten Serang sesuai dengan letak domisili SMA Negeri 2 Cipocok Jaya berganti nama menjadi SMA Negeri 6 Kota Srang dan pada tahun 2008 SMA Negeri 6 Kota Serang sudah memiliki gedung sendiri yang beralamat di Jl. Raya Petir Km. 04 Kelurahan Cipocok Jaya, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang Provinsi Banten. Sejak saat itu sampai sekarang, SMA Negeri 6 Kota Serang berupaya menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang dapat lebih menyalurkan aspirasi masyarakat dengan tetap memperhatikan kondisi perekonomian masyarakat.