Kriteria Kenaikan Kelas

3 Syarat Kenaikan Kelas Berdasarkan Kurikulum 2013

  • Jumlah Kehadiran Minimal 75%

Jumlah kehadiran menjadi pertimbangan Kenaikan Kelas. Siswa yang jumlah kehadirannya dibawah 75% dinyatakan “Tinggal Kelas” sedangkan siswa yang jumlah kehadirannya diatas 75% dinyatakan memenuhi syarat “Kenaikan Kelas”. Perhitungan Kehadiran tidak hanya berlaku di semester kedua saja tapi berlaku secara keseluruhan baik semester pertama dan semester kedua

  • Minimal 3 Mata Pelajaran yang tidak tuntas

Agar siswa naik kelas maka semua nilai mata pelajaran harus tuntas atau minimal sama atau melampaui nilai KKM yang ditetapkan oleh Sekolah. Apabila terdapat 3 mata pelajaran yang dibawah KKM maka siswa tersebut masih bisa dinyatakan “Naik Kelas” sedangkan apabila terdapat nilai mata pelajaran yang lebih dari 3 mata pelajaran yang tidak melampuai nilai KKM atau tidak tuntas maka siswa tersebut dinyatakan “Tinggal Kelas”

  • Disesuaikan dan Dipertimbangkan oleh Sekolah

Sedangkan syarat yang ketiga adalah kebijakan dari sekolah dengan mempertimbangkan beberapa hal misalnya sarana prasarana sekolah, sumber materi pelajaran, kompetensi guru dan siswa, media ajar dan lain-lainnya. Selain itu juga, pengaruh luar harus dipertimbangkan beberapa hal misalnya akses ke sekolah, tingkat ekonomi masyarakat sekita dan lain-lain.