PEMBELAJARAN QURBAN, MENUMBUHKAN KESOLEHAN SOSIAL BERSAMA SMAN 6 KOTA SERANG

PEMBELAJARAN QURBAN, MENUMBUHKAN KESOLEHAN SOSIAL BERSAMA SMAN 6 KOTA SERANG

Hari raya idul adha 10 Dzulhijjah 1440 jatuh pada hari Ahad tanggal 11 Agustus 2019. Namun semaraknya tidak hilang begitu saja. Gema takbir hari raya masih terdengar sampai tiga hari berikutnya yang dikenal dengan hari tasyrik. Bahkan bagi kaum Muslimin yang hendak berkurban, masih ada kesempatan sampai hari tasyrik tersebut.

Keluarga besar SMA Negeri 6 Kota Serang tidak mau ketinggalan untuk ikut merayakan momen tahunan ini. Seakan sudah menjadi tradisi, sekolah yang terletak di Kecamatan Cipocok Jaya ini selalu mengadakan acara Pembelajaran Qurban. Pada tahun ini, dengan dana hasil sumbangan bersama warga sekolah, khususnya para peserta didik, pembelajaran qurban diselenggarakan dengan penyembelihan seekor sapi.

“Tujuan kegiatan ini adalah memberi pengetahuan dan pembelajaran terhadap peserta didik tentang nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah swt.” Kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Bagas Chafid Nugroho, S.Pd.Jas. didampingi H. Nurhayat Ibnu Jaza, S.Ag. selaku Ketua Pelaksana.

“Dengan pembelajaran pemotongan qurban, selain meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, juga melatih jiwa empati siswa, serta saling gotong royong pada saat masak bareng.” Tambah Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat, Dra. Hj. Ehal Halimah, M.Pd.

Bertemakan “Dengan Semangat Qurban Kita Tumbuhkan Kesolehan Sosial Siswa”, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses. Acara yang dimotori oleh OSIS dan Rohis ini mendapat sambutan yang antusias dari seluruh warga sekolah. Para siswa bersama-sama menggalang dana selama beberapa hari. Puncaknya pada hari Rabu (14/8) mereka bersama-sama pula mengolah dan menikmati hasilnya. Dengan penuh sukacita dan semangat berbagi, mereka ikut menikmati daging yang mereka olah sendiri.

“Saya sangat senang sekali karena qurban tahun ini lebih banyak persiapan dan lebih terasa kekeluargaannya. Dan ini adalah qurban terakhir saya di sekolah, jadi sangat ditunggu-tunggu.” Kata salah seorang siswa kelas XII, Nola Kharisma.

“Dari qurban kita bisa belajar bahwa segala harta yang kita miliki hanyalah sementara, sesekali cobalah kita untuk mengurbankan sebagian rezeki kita (sedekah) untuk bekal amal kita. Seperti halnya tahun ini di SMAN 6 ada pembelajaran qurban, setiap siswa menyumbangkan sebagian rezekinya untuk beramal dan hasilnya juga bisa kita nikmati bersama sehingga mendapatkan hal yang berharga, yaitu kekeluargaan.” Tambah siswa lainnya yang juga kelas XII, Wisnhu Pramudya Akbar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *